Jumat, 11 Januari 2013

Sharing Akses Email Tanpa Password Melalui Gmail Email Delegation


        Andaikan Anda sedang sakit dan ingin agar teman Anda dapat mengakses akun Gmail sehingga dia dapat membalas beberapa email penting, maka salah satu cara yang Anda lakukan adalah memberikan password kepadanya.
Tetapi ketika Anda memberikan password, tidak hanya akses komplit ke Gmail, tetapi semua layanan Google dapat diakses oleh teman, dan tentunya hal tersebut membuat khawatir Anda juga. Solusinya adalah Anda dapat menggunakan fasilitas Google Email Delegation. Dengan fasilitas ini, Anda dapat memberikan hak akses dasar ke inbox akun Gmail. Menariknya, teman tidak perlu tahu password Anda. Berikut penjelasannya.

  1. Akses akun Gmail Anda. Kemudian klik ikon gear di sudut kanan atas dan pilih opsi Settings.
  2. Pada halaman Settings, klik tab Accounts and Import. Pada bagian Grant access to your account, klik link Add another account.
  3. Masukkan alamat Gmail (Ingat! Harus Gmail) yang ingin Anda berikan hak akses. Setelah Anda melakukan pengaturan. Gmail akan mengirimkan sebuah email kepada penerima hak akses melakukan konfirmasi. Setelah proses verifikasi selesai, diperlukan waktu hingga 30 menit untuk Google dalam menyelesaikan permintaan tersebut.
  4. Setelah teman melakukan konfirmasi dengan menekan link ‘accept request’, Anda dapat melihat akun teman Anda di bagian Grant access to your account.
  5. Untuk mengakses akun Gmail Anda yang telah di delegasikan. Teman Anda harus membuka inbox Gmail dan menekan foto profil di sudut kanan atas. Jika email telah di delegasikan secara sukses, maka akun Gmail Anda ditampilkan. Teman Anda cukup menekan akun Gmail Anda untuk membuka inbox. Maka inbox Anda akan ditampilkan pada tab baru.
  6. Teman dapat melakukan kontrol dasar pada inbox Gmail Anda seperti membaca dan mengirim email. Semua email yang dikirimkan oleh teman akan memiliki informasi ‘sent by’ yang di dalamnya menampilkan alamat email teman Anda. Tetapi pada bagian ‘from’ tetap menampilkan alamat Gmail Anda. Teman Anda juga dapat mengakses semua daftar kontak sehingga dia tidak perlu mendapatkan masalah ketika mengirimkan email.
  7. Jika Anda ingin menghentikan fasilitas ini. Akses kembali tab Accounts and Import dan klik Delete link untuk menghapusnya. Anda dapat mendelegasikan akun ke user lain secara bersamaan dengan batas maksimal 10 user.

0 komentar:

Posting Komentar