Sabtu, 07 Januari 2012

Maksimalkan RAM Windows 7 64 bit

          Secara teori pada seharusnya sistem Windows 64 bit tidak mempunyai keterbatasan penggunaan RAM hanya pada 4GB saja. Tetapi pada kenyataannya semua tergantung pada versi Windows 7 yang digunakan, dan sistem 64 bit dapat mendukung penggunaan RAM hingga 192GB (Windows 7 Home Premium mendukung 16 GB Max).
          Tetapi jika Anda mengalami permasalahan RAM yang dibatasi Windows hingga 8GB saja, dimana kapasitas RAM tidak terdeteksi secara maksimal. Misalnya Anda memasang RAM 8GB, tetapi yang terbaca 7,49GB, maka Anda akan bertanya, kemana sisa kapasitas RAM?
Dari sebuah sistem operasi memberitahu RAM yang bisa digunakan hanya 7,49GB dari 8GB yang terpasang. Mengapa kasus ini? Mari kita memahami lebih jauh lagi.
Jika Anda pergi ke Task Manager > Performance Tab > Resource Monitor. Tujulah ke bagian memori, Anda akan melihat bagian dari memori Anda yang diberi label “Reserved Hardware” 521MB. Mengapa begitu?
Ini kemungkinan berarti beberapa memori sistem digunakan oleh kartu grafis. Atau kartu grafis mengambil beberapa kapasitas RAM. Ini tergantung berbagai perangkat keras yang dimiliki pada sistem.
           Jika Anda memiliki kartu grafis khusus, maka hal ini seharusnya tidak terjadi, tetapi jika Anda sering melakukan tweak msconfig Anda untuk mengatur “Maximum memory” pada opsi boot, selama proses boot. Sistem Anda akan memaksimalkan dan mengalokasikan sebanyak nilai yang tercantum untuk memori video, meskipun Anda mungkin memiliki kartu grafis khusus.
           Untuk memperbaiki ini, hanya pergi ke msconfig dan hapus centang opsi “memori Maksimum” pada bagian boot Advanced, dan restart komputer Anda.
Setelah Anda restart komputer Anda, pergi ke system preference lagi, dan Anda akan melihat nilai RAM akan sepenuhnya digunakan kembali pada sistem utama. Sekarang sistem Anda telah menggunakan memori sepenuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar