Sabtu, 31 Desember 2011

Beberapa Tool Aplikasi Overclocking


Saat ini, kegiatan overclocking dinilai sudah semakin mudah karena banyaknya aplikasi dan tool yang dapat didownload secara gratis dan langsung dapat digunakan. Tampilannya mudah dimengerti, bahkan bagi Anda yang baru pertama kali mengenal overclock. Berikut beberapa tool aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan overclock, mulai system information dan system monitoring.

1. CPU-Z dan GPU-Z
            Informasi sangatlah penting, dan dua aplikasi inilah yang menjadi pilihan utama para overclocker untuk melihat informasi tentang system. Untuk  CPU-Z, Anda dapat melihat detail mulai dari prosessor, memory hingga grafis. Di aplikasi ini ditampilkan clock prosessor secara realtime, bus speed dan voltase. Sedangkan untuk GPU-Z digunakan untuk melihat detail dari video card yang Anda pakai.
                    http://www.techpowerup.com/gpuz           untuk GPU-Z

2. AMD Overdrive
            Merupakan aplikasi resmi milik AMD untuk melakukan kegiatan overclock khususnya untuk platform Athlon dan Phenom. Aplikasi ini sangatlah lengkap, mulai dari informasi system, status monitor untuk fan, voltase dan bus speed, multiplier dan voltase untuk prosessor. Semuanya ditampilkan dengan grafis yang menarik dan penggunaannya cukup mudah, gunakan saja slider yang ada.

3. Intel Desktop Control Center
            Intel tidak ingin kalah karena juga memiliki tool resmi untuk overclock. Aplikasi ini menawarkan proses overclock hanya dengan satu klik saja. Namun aplikasi ini hanya terbatas, yaitu untuk Motherboard Intel socket 1156 dan 1366 dengan menggunakan chipset DX58SO, DP55KG dan DP55SB.

4. Motherboard Tools
            Saat ini, setiap produsen motherboard terkemuka sudah memberikan aplikasi overclock langsung bersamaan CD Driver. Sepertinya ASUS dengan aplikasi AI Suite and TurboV, MSI dengan OC Genie dan Gigabyte dengan Easy Tune. Setiap produsen motherboard memiliki tool tersendiri, untuk lebih detail dari motherboard, Anda dapat menggunakan bantuan dari CPU-Z.
Download : http://www.asus.com/index.aspx            untuk ASUS
                    http://www.event.msi.com/valued/        untuk MSI
                    http://gigabyte.com                              untuk Gigabyte

5. Official Graphics Overclocking
            Sama seperti pada motherboard, Anda akan diberikan aplikasi untuk melakukan overclock pada video card. Bagi Anda pengguna ATI dapat mengeklik area kosong di desktop kemudian pilih Catalyst Control Center. Anda dapat menemukan tool overclocking di bagian ATI Overdrive. Anda dapat menaikkan memory clock serta melihat informasi fan control dan temperature. Untuk pengguna Nvidia, Anda dapat menginstal nTune. Walaupun di sini pengaturan untuk clock speed dibatasi, tetapi saja menarik karena penggunaannya mudah.
                    http://www.nvidia.com/object/ntune_5.05.54.00.html         untuk Nvidia

6. Riva Tuner
            Ingat dengan video card seri Riva 128 dan TNT milik NVIDIA yang diproduksi sekitar tahun 90-an? Dari sanalah aplikasi ini berkembang, tetapi saat ini Riva Tuner sudah mendukung ATI maupun NVIDIA. Tersedia pilihan untuk mengatur overclock pada GPU, memory dan shader clock speed bersamaan dengan mengontrol kecepatan fan.

7. ATI Tray Tools
            Didesain khusus untuk video card ATI, merupakan sebuah tool mini yang dapat diakses melalui system tray. Tool ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan artefak dan secara otomatis juga dapat digunakan untuk melakukan overclock pada video card Anda. Tersedia juga fitur profile yang dapat digunakan untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda lakukan.

8. Intel GMA Booster
            Aplikasi ini khusus digunakan untuk Anda yang memiliki notebook atau netbook dengan grafis chipset GMA 900 dan GMA 950. Aplikasi ini dapat menaikkan performa grafis hingga sebanyak 200 persen.

9. HW Monitor
          Dibuat oleh developer yang sama dengan CPU-Z. Disini Anda dapat melihat informasi penting dari berbagai temperature yang ada didalam casing Anda, seperti temperature prosessor, motherboard, video card, hingga kecepatan kipas prosessor. Aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk melihat seberapa panas semua komponen yang ada di dalam casing Anda.

Sekian beberapa tool aplikasi overclocking dari saya, silahkan tentukan pilihan dan pilih salah satu yang cocok menurut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar