Sabtu, 31 Desember 2011

Setting Auto Responder di Gmail dan Yahoo


          Salah tujuan dari trik ini adalah untuk mengatur Email Anda agar dapat menjawab otomatis bila ada Email masuk kedalam Email Anda, karena mungkin terkadang Anda jarang membuka email ataupun apabila melakukan liburan ke suatu tempat yang jauh dari kota dan mungkin didaerah tersebut tidak memiliki ataupun susah untuk mengakses internet maupun jaringan telekomunikasi sekalipun. Masalahnya, teman atau saudara maupun orang-orang lain terkadang tidak mengerti kalau Anda sedang berlibur atau kegiatan lain, sehingga mereka tetap mengirim email dan berharap mendapatkan jawaban secepatnya.
          Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan fitur Vacation Responder pada Gmail, dan Vacation Response pada Yahoo Mail. Fitur ini memungkinkan Gmail atau Yahoo Mail untuk mengirimkan sebuah email respon kepada pengirim yang berisi informasi mengenai keadaan Anda. Berikut caranya:

Gmail

  1. Sign In ke akun Gmail Anda.
  2. Klik ikon gear di pojok kanan atas, lalu klik Mail settings.
  3. Pada tab General, scroll halaman ke bawah hingga menemui bagian Vacation responder.
  4. Pilih opsi Vacation responder on. Tentukan batas waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini pada kotak First day dan centang Ends lalu isikan juga tanggalnya. Jika Anda tidak tahu kapan liburan selesai, tidak perlu mencentang opsi Ends.
  5. Isi kotak Subject dan Message seperti Anda mengirim email. Informasikan bahwa Anda sedang melakukan kegiatan apa, contohnya liburan. Informasikan juga jika misalnya Anda tidak dapat membalas email yang diterima. Centang opsi “ Only send a response to people in my Contacts ” supaya Gmail secara otomatis mengirim email respon ke semua orang yang ada di daftar kontak Anda. Klik Save changes di bagian bawah halaman jika sudah.
  6. Fitur Vacation Responder telah aktif. Bisa dilihat pada bagian atas halaman sebelah kiri, terdapat sebuah teks menunjukkan isi subject dari email Vacation Responder.
  7. Jika memiliki akun email lain, boleh dites untuk mengirim email ke akun Gmail Anda. Jika berhasil, maka email yang diterima akan sama dengan yang sudah diatur sebelumnya pada Vacation Responder.
  8. Untuk menghentikan fitur ini dan kembali ke kondisi normal. Klik End now di bagian kanan atas dari halaman.

Yahoo Mail

  1. Sign In ke akun Yahoo Mail Anda.
  2. Pada navigator bar, klik Options > Mail Options.
  3. Pada bagian kiri, pilih Vacations Response.
  4. Pada bagian Vacation Response, centang opsi “  Enable auto-response during your vacation ”. Masukkan tanggal mulai hingga fitur ini berakhir.
  5. Pada Generic Response, masukkan pesan Anda. Centang opsi “ Send a sample copy to my inbox ” untuk melihat contoh email Vacation Response.
  6. Anda juga dapat melakukan sebuah balasan khusus terhadap pengirim dari domain website. Pada bagian Special Response, masukkan pesan pada kotak besar, lalu masukkan beberapa domain website pada kotak Send this message when I receive mail from the following domains. Centang opsi Send a sample copy to my inbox untuk melihat contoh email.
  7. Klik tombol Save Changes jika sudah.
  8. Bisa dilihat pada inbox terdapat contoh email dari Vacation Response.
  9. Untuk menghentikan fitur ini, akses kembali ke opsi Vacation Response pada Mail Options dan hilangkan centang pada Enable auto-response during your vacation.

0 komentar:

Posting Komentar