Sabtu, 31 Desember 2011

Perbaiki Boot Menu Error pada Windows XP


           Apakah pernah bermasalah dengan XP Boot Menu? Masalah ini muncul karena crash beberapa registry. Dua pilihan muncul dalam boot menu, dan tak satu pun aktif. Hal ini semakin mengganggu ketika Anda harus menunggu untuk masuk boot selama beberapa detik setiap selesai restart. Salah satu pilihan boot menu palsu, dan Anda bingung mana yang aktif.
            Untuk mengatasi ini sebenarnya ada dua cara, Anda bisa menghapus boot menu yang ada, dalam hal ini tentu yang membuat error. Kedua, menonaktifkan boot menu. Jika Anda kurang begitu paham dengan mengutak-atik script, lebih baik memilih opsi kedua. Saya akan memberikan kedua tutorial tersebut.

Menghapus opsi boot menu yang rusak
    Semua opsi boot menu, dari XP tersimpan di file boot.ini, tentunya di dalam root drive yang biasanya berada di drive C. Untuk mengakses itu pertama Anda harus mengatur file agar bisa dibaca lewat command prompt. Masukkan attrib –r boot.ini
  1. Sekarang Anda bisa buka boot.ini lewat notepad dengan cara Klik Start -> Run dan ketik perintah notepad c:\boot.ini
  2. Dalam file ini Anda akan melihat opsi yang sama, yang biasanya Anda lihat di boot menu. Buka notepad dari item default, biasanya menunjuk ke salah satu item dalam daftar.
  3. Jika Anda ingin menghapus item kedua dalam daftar, dan yang pertama diatur sebagai default, Anda hanya dapat menghapus satu baris dari file tersebut. Anda haurs benar-benar menyiapkan cadangan file boot.ini sebelum melakukan perubahan.
  4. Jika yang bermasalah adalah baris pertama yang diatur ke default, tetapi baris kedua adalah salah satu yang bekerja, Anda harus menghapus baris yang bersinggungan dengan sistem operasi, kemudian ubah baris yang cocok dengan file utama. Dalam hal ini, diatur partisi untuk (2) bukan (1) pada baris default.
    Menonaktifkan boot menu

                Demi mengurangi resiko error yang terlalu mendalam dengan edit script secara manual, Anda dapat menonaktifkan boot menu, dan cara ini terbilang jauh lebih aman. Tidak ada alasan untuk menampilkan menu jika Anda hanya membuat satu pilihan, dan tidak ada alasan untuk mengedit file secara manual.

    1. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties, atau sysdm.cpl ketik lewat Start > Run, lalu buka System Properties. Setelah itu klik Advanced > Startup and Recovery > Setting. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.



    2. Dalam dialog Startup and Recovery, pastikan default sistem operasi yang muncul disitu adalah benar Operating System Anda, dan kemudian hapus centang pada pilihan untuk “Time to display list of operating system”, lalu tutup dialog. Reboot dan masalah Anda akan teratasi.
    3. Cek lagi dialog yang sama, jika ada sesuatu yang kurang, maka Anda bisa edit lagi, inilah tampilan default sebelum ada perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar