Sabtu, 31 Desember 2011

Membuat Kode QR (Quick Response) Sendiri

          Kode QR atau Quick Response adalah jajaran persegi berwarna hitam berbentuk seperti barcode tetapi dengan tampilan lebih ringkas. Kode QR merupakan bentuk evolusi dari barcode yang biasanya kita lihat pada sebuah produk yang dijual.
          Kode QR memuat berbagai informasi di dalamnya seperti alamat URL situs, teks, nomor telepon, alamat email, akun Facebook dan lain sebagainya. Kode QR biasanya diletakkan di berbagai produk untuk menunjukkan informasi tambahan seperti alamat situs dari produk tersebut. Selain itu, Anda dapat “menempelkannya” di kartu nama sebagai tambahan informasi, atau sebagai gaya-gayaan juga boleh.
          Dari berbagai informasi yang dikandung kode QR, kita dapat berbagi info kepada teman atau orang lain. Anda tidak perlu lagi menulis informasi secara manual, karena semua telah ada didalam kode QR tersebut. Untuk membaca kode QR, dibutuhkan smartphone berkamera dan sebuah aplikasi pembaca kode QR.
          Ini dia caranya agar dapat membuat kode QR, yaitu bisa melalui situs yang berfungsi sebagai QR Code Generator.
Gunakan Situs QR Code Generator :

  1. http://goqr.me/
  2. Buka alamat situs di atas, pilih tab yang anda inginkan. Anda bisa memilih Text, URL, Call, SMS, vCard. Pilih salah satu sesuai yang Anda mau.
  3. Setelah memilih salah satu tab, masukkan kalimat yang Anda inginkan. Secara otomatis, kode QR akan langsung terbentuk di bagian kanan halaman.
  4. Anda dapat menggeser slider untuk menentukan ukuran dari kode QR. Dimensinya akan langsung ditampilkan.
  5. Untuk menyimpan hasil dari kode QR Anda yang telah terbentuk. Klik opsi Download, dan jendela untuk mengunduh akan terbuka.
  6. Kode QR Anda sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Selamat Mencoba. . .!

0 komentar:

Posting Komentar