Sabtu, 28 Januari 2012

15 Alasan Bisnis Harus Punya BLOG

          Untuk lebih memahami artikel berikut, kita harus kenal dahulu perbedaan mendasar antara website profil dengan blog. Website profil biasanya berisi identitas dari sebuah perusahaan dan produk-produk apa saja yang ditawarkan. Sedangkan blog, kontennya lebih ke tulisan mengenai berita, ulasan, tips, dan sebagainya. Katakanlah Anda sudah punya website profil yang bagus, dinamis, dan interaktif untuk perusahaan Anda. Lalu masih pentingkah bagi Anda untuk memiliki sebuah blog juga? Semoga 15 alasan kenapa bisnis Anda harus punya blog, berikut bisa membantu Anda menyimpulkannya.

  1. Blog itu murah
Semua orang bisa membuat sebuah blog, misalnya melalui layanan blogger.com. Namun, jika berbicara tentang blog untuk bisnis, maka kami rekomendasikan Anda untuk mendaftar nama domain sendiri dengan biaya $10. Sehingga Anda akan mendapat alamat yang lebih ‘menjual’. Misalnya www.abcd.com, bukan www.abcd.blogpsot.com. Anda juga akan memerlukan web hosting dengan harga rata-rata minimal $20 per tahun. Atau Anda juga boleh menggunakan subdomain, Anda bahkan bisa menghemat ongkos pembelian nama domain dan webhosting Anda.
  1. Blog mudah di update
Google memprioritaskan website yang rutin melakukan update. Padahal di sebuah website profil, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam menemukan selah untuk melakukan update. Lain halnya dengan blog. Anda bisa mengupdate dengan artikel segar setiap harinya. Blog bisa menjadi senjata link building yang ampuh untuk website profil Anda.
  1. Blog itu Search Engine Friendly (SEF)
Blog yang berkualitas dan kaya dengan informasi, ranking akan diprioritaskan oleh Google. Coba saja lakukan pencarian Google. Jika Anda memeriksa link-link pada halaman hasil pencarian, urutan-urutan atas biasanya akan ditempati oleh blog.
  1. Blog mudah penetrasi ke Sosial Media
Jika Anda rutin bermain sosial media, Facebook, Twitter, atau Google+, Anda pasti pernah melihat teman Anda yang sering share link berisi berita yang menarik baginya. Secara tidak langsung, dia telah mempromosikan blog yang memuat berita yang disebarnya.
  1. Blog bisa jadi senjata marketing yang ampuh
Blog itu SEF dan gampang menembus Social Media Marketing. Maka blog merupakan media yang paling ampuh untuk melakukan marketing online.
  1. Blog menarik lebih banyak customer
Tulisan yang bermanfaat, reader-oriented, dan penuh informasi bisa gampang menarik simpati pembacanya untuk share tulisan itu. Dengan demikian, Anda mendapatkan marketing gratis untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Seiring dengan lebih banyaknya pengunjung, maka jumlah customer potensial Anda akan meningkat. Begitu juga dengan profit Anda.
  1. Blog itu tepat sasaran
Dengan blog, Anda bisa mentarget customer potensial yang sesuai dengan produk/jasa yang Anda jual. Misalnya jika Anda menjual perlengkapan travelling, dan target Anda adalah para traveller. Blog tentang tips travelling akan menarik minat pembaca yang benar-benar mencarinya. Yaitu para traveller yang kemudian bisa saja menjadi customer Anda.
  1. Blog membantu membangun brand Anda
Sebuah blog bisa menguatkan identitas online Anda. Misalnya di bisnis perhotelan. Orang-orang mungkin sudah tahu tentang nama hotel dan layanan Anda. Namun mereka mungkin belum kenal dengan siapa yang bekerja didalamnya. Dengan blog, Anda bisa mengulasnya untuk menciptakan pemahaman yang lebih dalam bagi klien Anda. Semakin dalam klien Anda tahu tentang bisnis Anda, semakin besar ikatan yang akan diciptakannya.
  1. Blog menciptakan hubungan yang baik dengan customer
Sistem komentar yang ada di dalam sebuah blog akan mendorong pembaca Anda untuk berbicara. Sehingga ada kemungkinan akan terjalin komunikasi yang baik dengan pembaca Anda untuk berbicara. Sehingga ada kemungkinan akan tejalin komunikasi yang baik dengan pembaca Anda. Dengan menciptakan pengalaman online yang positif seperti inilah, Anda bisa mendapatkan customer loyal untuk brand Anda.
  1. Blog bisa mendukung kegiatan sosial Anda
Konten yang menyentuh bisa mudah menarik simpati. Maka blog merupakan cara yang ampuh untuk mendukung kegiatan sosial Anda. Misalnya jika bisnis Anda sedang mengusung perkara Go Green, atau Global Warming. Maka Anda bisa memposting konten yang sesuai dengan perkara tersebut, dan menunjukkan betapa sungguh-sungguhnya bisnis Anda mengusung perkara tersebut, sekaligus untuk menarik simpati pembaca Anda.
  1. Blog membuka kesempatan Anda untuk mengajari dunia
Internet itu jangkauan luas. Maka ilmu yang Anda bagikan pada blog, bisa menyebar dengan seluas-luasnya ke berbagai belahan dunia.
  1. Blog mengasah kreativitas dan bakat Anda
Semakin sering blogging, maka semakin tajam kemampuan Anda untuk menciptakan konten berkualitas. Contohnya kemampuan menulis, fotografi, desain blog, SEO, Social Media Marketing, dan berbagai skill lain yang berkaitan dengan upaya blogging Anda. Anda tidak perlu memulai karir blogger Anda layaknya seorang profesional. Ingatlah bahwa setiap ahli dimulai dari seorang newbie.
  1. Blog membawa Anda ke dunia baru dan teman baru
Ketika Anda blogging, Anda menjadi seorang blogger. Dan ‘blog-o-sphere’ merupakan dunia yang dipenuhi dengan blogger-blogger baik lainnya. Artinya dengan mejadi blogger, Anda akan bertemu blogger lain yang bersedia membantu mengangkat brand Anda dan menjadi sahabat online Anda. Semakin banyak pertemanan Anda, semakin besar brand Anda akan berkembang.
  1. Blog bisa menjaga reputasi online Anda
Serangan verbal berupa bad critique dan rumor negatif merupakan hal yang biasa di internet. Terutama bagi perusahaan yang sedang meningkat popularitasnya. Jika Anda mempunyai blog, Anda bisa meralat hoax tersebut kapan saja.
  1. Kompetitor Anda mungkin sudah mendahului Anda
Internet merupakan market besar yang tidak boleh diabaikan. Terutama jika Anda di dalam dunia bisnis yang tidak jauh dari kompetisi. Maka tentu saja setiap kesempatan yang bisa membawa benefit, wajib untuk dimanfaatkan. Bayangkan jika kompetitor Anda sudah mendahului Anda untuk mendapatkan berbagai benefit dari blogging. Jika tidak ingin ketinggalan, mulailah pengalaman blogging Anda sekarang juga.
Selamat blogging.

0 komentar:

Posting Komentar