Minggu, 22 Januari 2012

Tips Memilih VGA Gaming

          Saat ini VGA Card sudah sangat beragam variannya dan yang beredar di pasaran saat ini sudah begitu banyak serta terdiri dari ratusan merk (meski tidak semua punya performa yang berbeda). Bahkan ironisnya, rata-rata sama. Hanya berbeda merk dan dengan pendingin serta modelnya.
          Jika Anda hobi bermain game, dan disaat sudah begitu banyak VGA Card beredar saat ini, kali ini saya akan mencoba menyuguhkan bagaimana memilih VGA Card Gaming yang tepat untuk Anda.

Tips Umum Dalam Menentukan Pilihan

  1. Hal yang pertama harus Anda lekukan ketika hendak membeli VGA Card tentunya adalah memperhatikan slot Motherboard PC Anda. Apakah AGP atau PCI atau PCI-e. Agar Anda tidak salah membeli. Urutannya dari yang paling canggih : PCI-e x16, PCI-e x8, PCI-e, PCI, AGP.
  2. Perhatikan selalu Memory Clock, Core Clock, BIT, dan kapasitas memori dari VGA yang hendak Anda beli. VGA Card dengan spekulasi RAM 256 Mb DDR3 256bit tentu akan lebih cepat dari VGA dengan spekulasi RAM 152 Mb DDR3 128bit. BIT adalah lebar jalur data. Asumsinya adalah : semakin lebar jalur yang ada disebuah VGA, maka akan semakin cepat data yang bisa diproses.
  3. Kemudian memory clock dan core clock (GPU) juga sangat penting. Jangan asal melihat seri atau tipe. Karena seri atau tipe VGA yang lebih tinggi tentu punya memori dan core clock yang lebih tinggi juga. Sehingga hasilnya adalah : ketika Anda membelinya, mungkin bisa terjadi Anda akan  terjebak dengan kecepatan yang tidak maksimal.
  4. Jika Anda menggunakan monitor 22 inch atau diatasnya, saya sarankan untuk menggunakan minimal VGA kelas menengah. Seperti Radeon seri 5770 atau Nvidia GTS 450. Merknya  bisa Anda pilih sendiri.
  5. Pilihlah VGA Card yang kapasitas memorinya minimal sudah 1 GB.
  6. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan juga power supply yang menyertai PC Anda. Jangan sampai terlena demi memburu VGA Card yang canggih, tetapi ketika dipasang di PC Anda jadi drop karena daya yang diperlukan oleh VGA Card tadi terlalu besar. Ganti power supply Anda jika memang Anda berniat untuk membeli VGA Card kelas menengah atau mainstream.
  7. Lihat spekulasi tambahannya, seperti misalnya fasilitas D-Sub, DVI, atau HDMI. Semakin canggih LCD atau LED yang Anda pakai, tentunya rugi jika VGA Card Anda tidak support fitur-fitur di atas.
  8. Lihat juga apakah VGA Card yang henda Anda beli apakah sudah mendukung DirectX 10 atau 11. Dan Anda tidak lagi kawatir dalam memainkan game-game baru.
  9. Perlu diketahui, bahwa seri Nvidia ini punya keunggulan di fitru PhsyX yang biasanya disertakan sepaket dengan game-game tertentu. Fitur ini akan lebih maksimal di chipset Nvidia dibanding pada chipset AMD.
  10. Perhatikan selalu, apakah VGA Card yang bakal Anda beli disertai konektor pin. Jika memang ada, pastikan juga power supply Anda sudah mendukung jumlah pin yang disertakan pada VGA Card tadi.

0 komentar:

Posting Komentar