Sabtu, 07 Januari 2012

Nonaktifkan Akses ke Registry di Windows 7

          Anda pasti tahu bila file registry merupakan file yang cukup penting untuk sistem operasi Windows. Karena file registry ini cukup penting, maka kita sebisa mungkin mencegah orang lain untuk mengutak-atik file tersebut. Agar orang lain tidak bisa mengutak-atik file registry, maka Anda harus mencegah pengguna untuk mengakses Registry dan membuat perubahan.

Local Group Policy Editor
          Untuk metode pertama Anda bisa menggunakan Group Policy Editor yang tidak tersedia dalam versi Depan Windows. Pertama ketik gpedit.msc di kotak pencarian di menu Start. Setelah Group Policy Editor terbuka, arahkan ke User Configuration\Administrative Templates lalu pilih System. Dibawah Setting pada panel kanan, klik dua kali pada “Prevent acces to registry editing tools”. Pilih check box “Enabled”, klik OK, kemudian tutup dan keluar dari Group Policy Editor.
Sekarang apabila ada user yang mencoba untuk mengakses Registry. Maka mereka akan mendapatkan pesan dimana registry editor dinonaktifkan oleh administrator.

Menggunakan Registry Enabler & Disabler 3
Jika Anda menggunakan Windows 7 versi Home atau versi Starter, tentu saja tidak ada fitur untuk mendisable sistem registry, tetapi Anda bisa menggunakan utility yang disebut Registry Enabler & Disabler. Aplikasi ini juga bekerja pada sistem Windows XP dan Vista.
Tidak ada proses instalasi khusus, jadi Anda dapat menjalankannya dari sebuah flashdisk untuk menonaktifkan registry. Jika pengguna mencoba untuk mengakses Registry mereka akan mendapatkan pesan Error. Anda bisa mendapatkan tool ini di : http://www.download.cnet.com/Registry-Enabler-Disabler/3000-2094_4-10655571.html.

0 komentar:

Posting Komentar