Sabtu, 07 Januari 2012

Mempercantik Desktop Windows seperti Mac OS

        Pernah melihat dock berisi shortcut program pada Mac OS milik Apple? Dock pada desktop Mac OS menampilkan ikon-ikon berukuran besar yang merupakan shortcut dari program yang ada. Secara tampilan, jelas hal tersebut enak dipandang, selain itu Anda dapat mengakses shortcut dengan cepat.
Anda juga dapat melakukan hal tersebut dengan bantuan aplikasi ObjectDosk. Silahkan unduh di http://www.stardock.com/products/objectdock/downloads.asp . Berikut langkah penggunaanya.
  1. Unduh dan Install aplikasi ObjectDock. Setelah terinstall, maka hasilnya dapat langsung terlihat pada bagian bawah tengah desktop Anda, dari program yang telah terinstall di PC akan ditampilkan pada dock yang ada.
  2. Untuk menambah shortcut suatu program, hanya drag shortcut program tersebut ke dalam dock. Maka otomatis shortcut dari program tersebut akan ditampilkan pada dock.
  3. Untuk menghapus suatu shortcut dari dock, cukup klik shortcut program tersebut, lalu drag ke arah luar menjauh dari dock hingga keluar kotak dialog Remove Item. Klik Remove untuk menghapus shortcut.
  4. Untuk melakukan pengaturan terkait dengan ObjectDock, klik kanan pada dock, lalu pilih Settings. Centang opsi Load at Startup jika Anda ingin program ini langsung aktif saat Windows Startup.
  5. Bila PC/Laptop yang dimiliki memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, Anda dapat mengatur agar ObjectDock bekerja lebih cepat. Masih pada menu Settings, klik tombol Performance Options. Pada kotak dialog Performance Options pilih Lower quality.
  6. Pada bagian Memory/Speed Optimization, pilih opsi Optimize for memory. Restart program untuk mendapatkan efeknya.
  7. Anda juga dapat mengubah jenis font yang muncul ketika mouse berada di atas shortcut pada dock. Pada menu Settings, klik nama font pada bagian Label font hingga terbuka kotak dialog Font. Pilih jenis font, style, dan ukuran. Klik OK jika sudah.
  8. Jika ingin terlihat semakin gaya, Anda dapat mengatur informasi cuaca pada dock ini. Pastikan koneksi internet telah tersambung. Klik shortcut Weather Docklet hingga keluar kotak Configure ObjectDock Weather.
  9. Pada box Enter your location, masukkan kota Anda berada. Pilih tipe temperatur, lalu klik Update.
  10. Pada kotak dialog Weather Location Search, pilih kota Anda, lalu klik OK.
  11. Bisa dilihat shortcut Weather Docklet telah berjalan.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar