Sabtu, 07 Januari 2012

Nonaktifkan Control Panel pada Windows 7

          Bila komputer Anda digunakan oleh banyak user, baik keluarga atau teman, mungkin Anda tidak ingin mereka mengubah atau bermain dengan Control Panel. Cara yang paling efektif adalah menonaktifkannya.

Dengan Group Policy
          Ketik gpedit.msc pada kotak pencarian di menu Start dan tekan Enter.
Catatan: Proses ini menggunakan fitur Local Group Editor yang tidak tersedia dalam Windows 7 Starter.
Pada Local Group Policy Editor, arahkan ke User Configuration\Administrative lalu pilih Control Panel pada kolom kiri. Pada kolom kanan klik dua kali pada “Prohibit acces to the Control Panel”. Pada jendela berikutnya, pilih Enable, klik OK. Kemudian tutup Local Group Policy Editor.
Setelah dinonaktifkan, maka Control Panel tidak lagi ada pada Start Menu. Jika pengguna mencoba untuk mengetik Control Panel ke dalam kotak pencarian di menu Start, maka akan mendapatkan pesan peringatan.

Dengan Registry Tweak
          Anda juga dapat tweak Registry untuk menonaktifkan Control Panel. Ini bisa dilakukan pada semua versi Windows 7, Vista, dan XP.
Ketik regedit dalam kotak pencarian di menu Start dan tekan Enter. Pada Registry Editor arahkan ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Kemudian klik kanan di jendela kanan dan buat nilai DWORD (32bit).
Beri nama NoControlPanel. Kemudian klik kanan pada Value baru dan klik Modify. Di bidang Value data, ubah ke nilai “1” kemudian klik OK. Tutup dan keluar dari Registry Editor dan restart komputer untuk mendapatkan efeknya.
Ketika Anda kembali dari reboot, Anda akan melihat Control Panel tidak lagi tercantum dalam menu Start. Jika seorang user lain mencoba untuk mengaksesnya dengan mengetikkan Control Panel ke dalam kotak pencarian di menu Start. Mereka akan mendapatkan pesan peringatan pembatasan, dan peringatannya sama seperti jika menonaktifkan melalui Group Policy.
Jika Anda ingin mengaktifkan kembali Control Panel, kembali ke Registry dan ubah nilai NoControlPanel kembali ke “0” kemudian reboot komputer.

Selamat Mencoba...

0 komentar:

Posting Komentar