Sabtu, 28 Januari 2012

Menambahkan Google Document ke Menu Explorer

            Bila Anda sudah begitu familiar dengan yang namanya cloud, maka penggunaan data online, seperti Google Document tentu saja sudah menjadi menu wajib. Nah, mungkin saja Anda ingin menambahkan fasilitas Google Documents pada menu “New” pada Windows Explorer, agar lebih mudah mengaksesnya.
            Cara ini bekerja untuk semua versi Windows, dan Anda bisa memodifikasi agar bekerja dengan Google Apps pada Domain Anda juga.
Langkah pertama adalah untuk mengunduh dan ekstrak paket registry pada alamat http://www.howtogeek.com/wpcontent/uploads/2010/11/AddGoogleDocsToNewMenu.zip
Cukup klik dua kali pada file AddGoogleDocsToNewMenu.reg, disediakan dalam file .zip, dan pastikan Anda melihat pesan yang mengatakan berhasil melakukan proses merger registry.
           Pada paket tadi terdapat satu set ikon dan aplikasi kecil, yang berfungsi untuk menjalankan browser default Anda. Bahkan, bisa dibuat di AutoHotkey dan cukup sederhana, seperti :
Run, %1%
           Disini Anda perlu menyalin 4 ikon dan googledocsrunner.exe dan menempatkannya ke dalam direktori Windows Anda. Harus ada 5 file total.
Jika Anda sering menggunakan Google Apps, sebaiknya gunakan teknik ini. Selanjutnya Refresh untuk bisa melihat hasilnya:
           Selanjutnya Anda bisa melakukan test dengan membuka menu “New”, dan Anda bisa memilih yang ingin digunakan pada Google Doc.
Jika ikon tidak muncul lagi, Anda mungkin harus log out dan mengulangnya, atau restart Explorer.exe.
Jika ingin menggunakan Google Apps untuk Domain Anda, maka perlu sedikit modifikasi pada beberapa tombol. Anda dapat melakukan ini dalam registry, atau Anda dapat memodifikasi file reg yang diimpor sebelumnya.
          Buka regedit.exe, dan kemudian browse ke bawah ke salah satu tombol berikut, satu untuk setiap jenis dokumen:

HKEY_CLASSES_ROOT \ googledoc \ ShellNew
HKEY_CLASSES_ROOT \ googledrawing \ ShellNew
HKEY_CLASSES_ROOT \ Googlepresentation \ ShellNew
HKEY_CLASSES_ROOT \ googlespreadsheet \ ShellNew

Untuk masing-masing item, isikan parameter URL, Anda perlu memodifikasi setiap URL agar sesuai dengan domain Anda, dalam format di bawah ini:

https://docs.google.com/a/YOURDOMAIN.com/?action=new_presentation
https://spreadsheets.google.com/a/YOURDOMAIN.com/ccc?new
https://docs.google.com/a/YOURDOMAIN.com/?action=new_presentation
https://docs.google.com/a/YOURDOMAIN.com/drawings/create?hl=en

          Setelah Anda selesai melakukannya, reboot PC untuk bisa mendapatkan efeknya.
Bila Anda sudah tidak membutuhkannya lagi, Anda bisa menghapus registry yang di modifikasi tadi menggunakan file UninstallGoogleNewMenu.reg yang sudah tersedia. Maka secara otomatis akan menghapus 5 file yang telah disalin ke dalam direktori Windows.

0 komentar:

Posting Komentar